RSS Feed

Category Archives: All around

Holi-DIY!

Posted on

This holiday is the most meaningful holiday ever! That’s because I had a lot of things to do related to my hobby to play with electric stuff. I have met with a new buddy called ARDUINO (ever heard??) sound like italian huh? Yeah cause it’s made and developing in italy by Massimo Banzi and team. To put it simply, arduino is a open source single board microcontroller which make you enable to manipulating many physical things, such as wireless controlling of your lightning, automatic door, you can make some music, light or measuring temperature, humidity and many more!  That possible because the arduino has the capability to interact with the “outer world” with it’s friendly I/O.

Since i met this guy, i’m getting more amazed with the electricity. So that, i read some basic books and beginning to make some electric stuff like high voltage power supply, DC-DC converter, DIY lamp and the coilgun. Currently i’m working with my TV B-Gone remote and making my own bench power supply from the ATX power supply. Just check out the picture of some of my project below!

my DIY Lamp helping me to make the IR circuit :D

my DIY Lamp helping me to make the IR circuit 😀

the next project is to built the coilgun!

the next project is to built the coilgun!

Playing with uno and the LDR

Playing with uno and the LDR

a spark of electron come out from the HV psu

a spark of electron come out from the HV psu

Very useful desk led-lamp  powered by 9v battery and im using my converter to convert the voltage

Very useful desk led-lamp powered by 9v battery and im using my converter to convert the voltage

Programming attiny85 with the UNO

Programming attiny85 with the UNO

Just simple circuit with the lm7805 to convert the voltage

Just simple circuit with the lm7805 to convert the voltage

Light UP!

Light UP!

my prototyped 6kV cockroft-walton power supply

my prototyped 6kV cockroft-walton power supply

Later will be working with this guy!

Later will be working with this guy!

Well that’s what i’ve done so far, I’m still looking the great idea for the upcoming contest. Actually there’s one unique idea, but I’ve to do a lot of research to make a good plan and make the idea come to a shape! 😀

Take a look at my TV B-gone below! I do have a lot of fun with this one, i can easily turn off and on the TV from all manufacturing (actually not all :p)

TV bgone on breadboard powered by 2 AA battery!

TV bgone on breadboard powered by 2 AA battery!

Well, see you later!

Advertisements

Tantangan di depan mata!

Posted on

Untuk beberapa minggu ke depan,
sepertinya saya akan berhadapan dengan musuh terbesar saya dengan kekuatannya yang jauh lebih besar, itu karena beberapa pekan ke depan akan banyak terisi dengan waktu kosong maka kemungkinan untuk berhadapan dengan rasa malas pun akan semakin besar. Terlebih lagi minggu tenang didepan mata, jadi totalnya mungkin sekitar 1 bulan. Heuheu, waktu yang pendek jika digunakan untuk mengerjakan hal-hal yang kurang berguna (baca:tidur, maen2,males2an). Namun pasti akan jadi 1 bulan yang bermakna jika digunakan untuk meningkatkan pengetahuan, kebugaran fisik dan tentunya mencharge rukhiyah, mungkin akan terasa jenuh menjalankannya namun pasti berbuah manis di akhir :).

Change is Fum! :D

Posted on

Tonight is a great night cause I’ve finally won a game in AOE II against my rival, yeah it’s an old game but I still like it so much :D. In this good occasion I just want to share by write what I’ve been thinking in this little notes.

 blogs.kent.ac.uk


blogs.kent.ac.uk

…What is change? Did you think that it is something bad? Or vice versa? Well I think you have your own opinion about that. So why did you think I ask you about this? Hhe… it’s because I feel that even myself is changing right now. Well, lately I felt that I’ve been completely independent and a little bit more selfish. At the first I think that was because the tasks which is lately become so many and also the difficulty of the matter in the subject that I’ve contracted is getting more difficult, but actually it’s not that. In my opinion, I think it’s a normal cycle in college where everything happen so differently than what happened in high school. I mean that everyone in college seems so tired, seems so pressured, seems so not having fun at all. I personally think that it was because everyone thought that the college itself is a place where we are bit closer to stuff like work, get a job, get moneys and any other stuff like that. So actually what we need is not to go with the flow, but to go against it. It doesn’t matter if you feel lonely, it also doesn’t matter if you think that was too difficult. But what you have to realize is that everything happened for a reason, and every difficult moment is actually make us a bit closer to the thing that we want to  reach. So, be patient and stay calm :).

What’s Wrong with Curriculum?

Posted on

Lately, every week I have to do a task given from my curriculum lecturer, he said that we must write an article about what we’ll going to learn on the next appointment. I believe you can also noticed that since the post I wrote from 1 month ago is all about curriculum. Well, it’s not like I’m complaining about it now, on the contrary I believe that it help me somehow to being productive.

At first, i think that this task is a piece of cake. But then it’s eventually become more difficult since there are also many task I have to do, so that I don’t have time to read and write an article about it. How ironic isn’t it? 😀 So, I think I will do this task very earlier from it’s deadline, so i can arrange another time to study or quality time for myself.

Actually, this post is tell you that I was very bad in managing my schedule :p. What I want to tell you is actually the self awareness about the important of managing schedule, so I hope this will help you :D.

p.s.

in the next post, I will share you about my trip to Bali 😀 Just wait!

Bali

Konsep Kurikulum

Posted on

Tak kenal maka ta’aruf, sebelum membahas tentang konsep kurikulum, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu pengertian dari kurikulum itu sendiri, sehingga pengetahuan kita bisa lebih terstruktur dan sistematis.

ilustrasi buku

Kurikulum di dunia pendidikan bisa diibaratkan bagaikan suatu blueprint dari suatu bangunan yang merepresentasikan pendidikan. Kokoh atau tidaknya, indah atau jeleknya ataupun nyaman atau tidaknya suatu bangunan tentu ditentukan dari rancang awal bangunan tersebut, oleh karena itu perhitungan-perhitungan untuk memperkirakan berapa jumlah bahan yang diperlukan harus  pasti dan benar, pengawasannya harus ketat agar memang berjalan sebagaimana mestinya dan yang juga tak kalah penting adalah pemeliharaannya agar bangunan tetap senantiasa kokoh. Kurikulum juga demikian, baik atau tidaknya pendidikan ditentukan dari baik atau tidaknya penyusunan kurikulum. Oleh karena itulah seringkalai banyak orang menyebutkan bahwa kurikulum itu merupakan sentral dari pendidikan.

images (1)Secara estimologi, kurikulum merupakan perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan (wikipedia). Adapun pendapat para ahli antara lain Finch dan Crunkilton menjelaskan kurikulum sebagai “semua pengalaman kegiatan belajar seorang siswa di bawah arahan sekolah”, adapun Schubert berpendapat bahwa “kurikulum sebagai mata pelajaran, muatan hasil belajar, adanya unsur reproduksi kebudayaan dan pembangunan sosial, serta pentingnya kecakapan hidup”, sedangkan menurut Mars dan Wilis kurikulum merupakan “pengalaman di kelas yang direncanakan dan ditetapkan oleh guru dan juga dipelajari oleh siswa”. Jadi, tentu saja kurikulum sebagai komponen penting dalam pembelajaran itu harus memiliki tujuan dan sasaran yang akan dicapai, seleksi dan organisasi bahan dan isi pelajaran, bentuk dan kegiatan belajar dan mengajar, dan akhirnya evaluasi hasil belajar.


Untuk memahami konsep kurikulum lebih jauh lagi, khususnya agar kurikulum bisa disusun dengan baik mari kita lihat model pengembangan dari Ralph Tyler yang mengemukakan pertanyaan-pertanyaan berikut:

  1. Apakah perjalanan itu penting (diperlukan)?
  2. Kemana kita akan pergi (tujuan dan sasaran)?
  3. Jalan apakah yang diambil (model subyek)?
  4. Kendaraan apakah yang dinaiki (isi/materi)?
  5. Bagaimanakah cara mengendarai kendaraan tersebut (pendekatan terhadap proses belajar)?
  6. Jenis peta manakah yang akan kita gunakan (teknologi pendidikan)?
  7. Siapa sajakah teman seperjalanan kita (bidang-bidang ilmu lain dari kurikulum)?
  8. Bagaimana kita dapat menyatakan bahwa kita berada pada jalur yang benar (evaluasi)?
  9. Bagaimanakah kita manyatakan apakah kita telah sampai (assesment)?
  10. Bagaimanakah kita memberitahukan kepada orang lain (disseminate)?
  11. Kesalahan-kesalahan apakah yang kita lakukan dalam perjalanan (umpan balik)?

Sukmadinata dalam Dede Rosyada mengemukakan beberapa prinsip kurikulum, diantaranya:

  1. Kurikulum sebagai substansi, yakni rencana kegiatan belajar para siswa di sekolah, mencakup rumusan-rumusan tujuan, bahan ajar, proses kegiatan pembelajaran, jadwal, dan hasil evaluasi belajar. Kurikulum tersebut merupakan konsep yang telah disusun oleh para ahli dan disepakati oleh para pengambil kebijakan pendidikan serta oleh masyarakat sebagai bagian dari hasil pendidikan;
  2. Kurikulum sebagai sebuah sistem, yakni merupakan rangkaian konsep tentang berbagai kegiatan pembelajaran yang masing-masing unit kegiatan memiliki keterkaitan secara koheren dengan lainnya. Kurikulum itu sendiri memiliki korelasi dengan semua unsur dalam sistem pendidikan secara keseluruhan;
  3. kurikulum merupakan sebuah konsep yang dinamis, terbuka, dan membuka diri terhadap berbagai gagasan perubahan serta penyesuaian dengan tuntutan pasar atau tuntutan idealisme pengembangan peradaban umat manusia.

Adapun faktor-faktor lainnya yang harus diperhatikan dalam penyusunan suatu kurikulum, ialah:

  1. Tujuan pendidikan nasional, dijabarkan menjadi tujuan-tujuan institusional, dirinci menjadi tujuan kurikuler, dirumuskan menjadi tujuan-tujuan instruksional (umum dan khusus), yang mendasari perencanaan pengajaran.
  2. Perkembangan peserta didik merupakan landasan psikologis yang mencakup psikologi perkembangan dan psikologi belajar;
  3. Mengacu pada landasan sosiologis dibarengi oleh landasan kultur ekologis.
  4. Kebutuhan pembangunan nasional yang mencakup pengembangan SDM dan pembangunan semua sektor ekonomi.
  5. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta budaya bangsa dengan multi dimensionalnya.
  6.  Jenis dan jenjang pendidikan yang dikelompokkan sesuai dengan sifat dan kekhususan tujuannya.

Dari berbagai definisi dan konsep yang telah dikemukakan, dapat dilihat bahwa kurikulum merupakan suatu proses yang dinamik dan sistematis. Untuk melakukan perubahan yang lebih baik dan bersifat positif maka penyusunan kurikulum harus terarah, terencana, terintegrasi dan progresif karena dengan cara inilah kurikulum bisa berkembang.

Referensi:

Acantilano Arboleda, Arliana. (2010). Curriculum: Concept Nature and Purpose. [Online]. Tersedia: http://www.slideshare.net/arlianaacantiladoarboleda/curriculum-concepts-nature-and-purposes [7 Februari 2013]

Anonim. (2013). Curriculum. [Online]. Tersedia:  http://en.wikipedia.org/wiki/Curriculum#Core_curriculum [7 Februari 2013]

Anonim. (2012). Kurikulum. [Online]. Tersedia:  http://id.wikipedia.org/wiki/Kurikulum [7 Februari 2013]

Anonim. (-). The Concept of Curriculum. [Online]. Tersedia:  http://www.lotsofessays.com/viewpaper/1689274.html [7 Februari 2013]

Ardiansyah, Asrori. (2013). Pengertian dan Konsep Kurikulum. [Online]. Tersedia: http://www.majalahpendidikan.com/2011/04/pengertian-dan-konsep-kurikulum.html [7 Februari 2013]

Vidi. (2011). Pendekatan dan Model Pengembangan Kurikulum. [Online]. Tersedia: http://vidicintailmu.blogspot.com/2012/04/pendekatan-dan-model-pengembangan.html [7 Februari 2013]

Kaleidoskop 2012, Resolusi 2013!

Posted on

hold on, I’ll take a breath first…

Gw coba flashback ke awal tahun deh,

Bisa dibilang di tahun ini gw sama sekali gak fokus yang mungkin awal dari kekecewaan gw. Gimana nggak, di bulan ini gw disibukkan ama MuMas yang mana gw sendiri jd ketuanya, well… ampun deh dari senin sampe minggu otak gw sama badan kecil gw ini gak ada henti2nya buat worried dan mikir buat MuMas, kuliah dan cita-cita kecil gw T_T pokoknya ketokan palu udah jadi ringtone hidup gw. But semuanya bisa di akhiri dengan cukup indah dan not bad lah ya,  kecuali cita-cita gw itu yang mana kesedihannya berbekas sampe sekarang.

Di bulan-bulan berikutnya, gw terlalu sibuk dengan ekspektasi gw soal cita-cita tanpa realisasi yang bagus. Kuliahan masih jalan lancar dan nilaipun gak ada masalah, IP masih diatas 3 Alhamdulillah pokoknya dengan cuma usaha yg gak seberapa, bisa nikmatin hasil yang bagi gw cukup memuaskan 🙂 betapa beruntungnya gw ini.

Kalau gw bilang sih di tahun 2012 itu produktivitas gw dari bulan januari sampe bulan juni an relatif ningkat, sementara dari juli sampe akhir tahun mutlak menurun _ _” ya Allah, give me luckiness and strength…
Pokoknya masa-masa akhir tahun itu procrastination banget, kuliah jarang masuk. Ujian gak belajar, walhasil ngisi lembar jawaban ngalor ngidul which is bikin worried gw jg akhirnya. Semoga aja IP gw masih di atas 3 dan nggak ada matkul yang ngulang, plus UAS bisa lancar ngerjainnya, Amiin ya Allah Amiin!! Ampuun dehh, ternyata gw masih belum bisa bangkit dari kesedihan pasca Juni-Juli, hwueeeh. Semoga Juni-Juli di tahun ini ada kabar gembira yang gw tunggu dari 2 tahun lalu, amiin.

Nah, dari manis asem asin tahun 2012, yang mana ternyata kebanyakan aseemnya gw coba bikin resolusi di tahun ini sbb:

-Harus lakuin usaha maksimal buat ngadepin musuh terbesar di bulan Juni-Juli tahun ini! Bikin jadwal!

-Harus bisa manage waktu antara belajar-maen-istirahat, pokoknya no more males2an! at least bisa ngurangin lah 😀 harus bikin jadwal pokoknya!

-IP semester nanti harus di atas 3,5 dan gak ada matkul yang C indeksnya 🙂

-Olah raga tiap pagi, lari 2 x seminggu

-Pola makan dijaga! Minum air 2 liter sehari!

-Kurangi OL buat hal yang kurang guna, maksimalin waktu luang buat belajar dan ngerjain tugas! Jangan ngerjain di akhir waktu deadline!

-Ibadah lebih ditingkatkan secara drastis! Tiap hari baca qur’an 1 juz, tahajud jalan, Dhuha jalan, plus senin kamis jalan!

-Kebiasaan BURUK harus ditinggalkan, mesti kudu harus bikin rencana biar kebiasaan itu bisa berhenti! Semangat!

-Bisa ngejaga amanah dengan jauh lebih baik dan gak ngecewain orang lain!

-Bisa lebih berguna buat orang lain 🙂

well… sejauh ini baru segitu yang bisa gw pikirin, mungkin ada hal-hal yang lainnya juga yang gw lupain, semoga aja gw bisa inget dan bisa gw tulis dilain waktu, selain itu gak henti-hentinya gw do’a semoga gw masih dikasih nyawa, kesempatan, kesehatan, kecerdasan, kemampuan berfikir jernih dan rasional buat ngejalanin resolusi di atas, amiin! bismillah, semoga semuanya bisa tercapai! 😀

SNMPTN, SBMPTN dan UM 2013

Posted on

Well, sebagai mahasiswa yang masih ingin menjadi mahasiswa baru gw jg orang yang concern tentang hal ini dan selalu kepo in setiap berita tentang SNMPTN 2013 selain para anak SMA yang menggalau ria. Berikut hasil investigasi gw tentang SNMPTN 2013 dkk.

Pencarian gw selama beberapa hari ini ternyata berbuahkan hasil, SNMPTN 2013 sudah resmi mekanismenya hanya via nilai rapot dan UN dan untuk biaya daftarnya sendiri gretong bro, bisa dicek beritanya di sini dan di sini. Buat mekanismenya sendiri bisa liat di situs resmi SNMPTN 2013, snmptn.ac.id. Nah, kalo gitu berarti kesempatan masuk PTN semakin kecil dong?? terus alumni gimana?? kalem bro, tenang aja gw belum selesai ngomong cuy. Ternyata karena alasan ini, Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) sepakat, akan mengadakan ujian tulis mandiri bersama, setelah periode seleksi usai buat beritanya bisa diliat disini. Trus gimana dong soal biayanya? biasanya kan lebih mahal? Well emang sih dari segi biaya yang namanya Ujian Mandiri itu biasanya jauh lebih mahal, tapi semua itu tergantung kebijakan masing-masing PTN dan banyak-banyak do’a aja supaya berapapun biayanya, kita mampu masuk dan bayar biaya daftarnya 🙂 OPTIMIS!

Belum cukup sampai disitu, selain dua jalan tersebut ada pula yang namanya SBMPTN, seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri. Yang ini kalo kata gw bisa dibilang SNMPTN tulisnya tahun 2013, cuma namanya diganti jadi SBMPTN karena alasan UU 12/2012 tentang PT mengatur seleksi yang bersifat nasional harus gratis karena ditanggung pemerintah beritanya bisa dilihat disini, mengenai mekanismenya sendiri masih dibahas oleh panitia pusat dan lokal SNMPTN. Jadi jalur penerimaan mahasiswa baru bisa dibagankan sebagai berikut:

Pola penerimaan mahasiswa baru PTN 2013

Semoga post ini bisa membantu 🙂 Semangat buat cari info terus, belajar dan berdo’a! 😀

Hi.Story of My Life

Bahagia itu sederhana

Alyyanet's Blog

Only Read Unique Story

agamajinasi

mencoba terbang meski terikat

poetryblogofmine

A topnotch WordPress.com site

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

ISLAND IN THE SUN!

survival and catching dreams!

Alfira Fitrananda

to infinity and beyond

The notes of life :)

I have an idea about what I'm doing!

Viracanya's e-diary

Bontang. Groningen. Bandung. Jakarta. Den Haag.

KutuBacaBuku

aku adalah seekor kutu tanpa kacamata

ilma ilmi apriliani

The Twins Blog

Readers Cafe

Culture, Life, Languages, Travel and much more!

a creation by a jundullah

Ilmu yang Bermanfaat, Salah Satu Amal yang Tidak akan Pernah Terputus