RSS Feed

Prinsip-prinsip untuk Mengembangkan Kurikulum

Posted on

Butuh Prinsip untuk Mengembangkan Kurikulum

Ketika seseorang berpendapat, ia harus punya dasar prinsip yang menjadi penguat pendapat mereka, karena tanpa prinsip yang jelas maka apa yang akan ia katakan menjadi suatu opini semata yang keberadaannya mudah dipatahkan, mudah disanggah dengan argumen-argumen lain yang jauh lebih kuat. Jika kita berbicara tentang kurikulum, maka disitu kita akan bertemu dengan prinsip-prinsip yang menjadi dasar alasan, yang menjadi pijakan kurikulum untuk bisa bertahan, agar bisa sesuai dan bisa berkembang. Lalu sekarang yang menjadi pertanyaannya, apa saja kira-kira yang menjadi prinsip dari kurikulum itu sendiri agar bisa berkembang? Mari kita simak pemaparan berikut…

Menurut Prof.  Nana Syaodih Sukmadinata ( 2005: 150-155 ), terdapat beberapa hal yang dijadikan prinsip pengembangan kurikulum, yaitu:

1. Prinsip relevensi

Kurikulum harus memiliki relevansi keluar dan di dalam kurikulum itu sendiri. Dalam prinsip ini kurikulum harus sesuai dengan tujuan dan isi kurikulum itu sendiri. Sekolah dalam menyelenggarakan  kurikulum harus relevan dan konsisten disesuaikan dengan

2. Prinsip fleksibilitas

Kurikulum hendaknya memiliki sifat lentur atau fleksibel yaitu kurikulum itu disesuaikan dengan kondisi daerah , waktu, kemampuan dan latar belakang anak. Kurikulum dibuat disesuaikan dengan kebutuhan  masyarakat dalam daerah tersebut.

3. Prinsip kontinuitas

Perkembangan dan proses belajar anak berlangsung secara berkesinambungan artinya dalam pembelajaran itu terdapat proses yang terus menerus dan kurikulum juga harus mempunyai sifat berkesinambungan antara satu tingkat kelas dengan kelas yang lain.

4. Prinsip kepraktisan / efisiensi

Kurikulum juga harus memiliki sifat praktis artinya kurikulum tersebut mudah dilaksanakan dan mudah diterapkan dalam dunia pendidikan menjawab tantangan-tantangan yang ada dalam masyarakat, dapt diterpakan dengan media pembelajaran yang sederhana dan memerlukan biaya yang murah.

5. Prinsip efektifitas

Efektifitas berkenaan dengan keberhasilan pelaksanaan kurikulum baik secara kuantitas maupun kualitasnya. Kurikulum merupakan penjabaran dari perencanaan pendidikan dari kebijakan-kebijakan pemerintah. Dalam pengembangannya, harus diperhatikan kaitan antara aspek utama kurikulum yaitu tujuan, isi, pengalaman belajar, serta penilaian dengan kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan.

Dalam kurikulum Indonesia saat ini, yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Badan Standar Nasional Pendidikan sendiri menetapkan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum dalam KTSP, yaitu:

  1. Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya
  2. Beragam dan terpadu
  3. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
  4. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
  5. Menyeluruh dan berkesinambungan
  6. Belajar sepanjang hayat
  7. Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah

Jadi suatu kurikulum itu idealnya tidak lepas dari prinsip-prinsip tersebut, sehingga dalam pelaksanaannya bisa menjadi efektif  dan tujuan pendidikan bisa dicapai. Prinsip-prinsip tersebut kemudian diaplikasikan dan digunakan sesuai dengan latar belakang negara yang ditempati, sesuai dengan latar belakang budayanya agar kemudian kurikulum bisa menjadi suatu alat yang sesuai yang bisa memajukan pendidikan dan menjadikan orang-orang di dalamnya terpelajar, jikapun prinsip-prinsip tersebut belum bisa diaplikasikan secara baik maka diadakanlah berbagai evaluasi-evaluasi, memperbaiki kembali kesalahan-kesalahan agar kurikulum bisa berkembang dengan baik.

-. (2012). Prinsip Pengembangan Kurikulum. Online [Tersedia] : http://pmat.uad.ac.id/prinsip-pengembangan-kurikulum.html  [24 Februari 2013]

Hendrawati, Sri. (2012). Prinsip-prinsip Pengembangan Kurikulum. Online [Tersedia] : http://srihendrawati.blogspot.com/2012/04/prinsip-prinsip-pengembangan-kurikulum.html [24 Februari 2013]

About M.I.M

Man... he's wanna be the #1.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Hi.Story of My Life

Bahagia itu sederhana

Alyyanet's Blog

Only Read Unique Story

agamajinasi

mencoba terbang meski terikat

poetryblogofmine

A topnotch WordPress.com site

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

ISLAND IN THE SUN!

survival and catching dreams!

Alfira Fitrananda

to infinity and beyond

The notes of life :)

I have an idea about what I'm doing!

Viracanya's e-diary

Bontang. Groningen. Bandung. Jakarta. Den Haag.

KutuBacaBuku

aku adalah seekor kutu tanpa kacamata

ilma ilmi apriliani

The Twins Blog

Readers Cafe

Culture, Life, Languages, Travel and much more!

a creation by a jundullah

Ilmu yang Bermanfaat, Salah Satu Amal yang Tidak akan Pernah Terputus

%d bloggers like this: