RSS Feed

Hal yang sama, Orang yang berbeda, Persepsi yang berbeda

Posted on

Kalo lu nemu duit 50.000 di jalan, kira-kira lu mau ngapain? bukannya gw gak tau jawabannya, tapi gw cuma mau mulai posting gw kali ini dari pertanyaan ini, jadi lu mau ngapain ma tuh duit? Langsung diambil? atau dibiarin aja?

Kalo ngeliat dari kebiasaan orang Indonesia sih ya gw ampir yakin 100% kalo rata-rata orang bakal ngambil tuh duit,
gimana kalo gw tanya alesannya, kenapa lu mau aja ambil tu duit? Kesempatan? Lagi Bokek? Atau iseng aja buat ganjel kursi rumah yang jinjit sebelah?

Apapun alesan lho, sebenernya kalo menurut gw itu semua berawal dari persepsi kita yang beda, ambil contoh yang tadi, sebagian besar orang mungkin nganggep kalo duit gocap tuh lumayan gede bisa dibuat pake beli inilah itulah, tapi gimana kalo yang nemu tuh orang yang berduit atau orang yang miskin tapi agamis? Orang kaya mungkin cuma lirik-lirik kebo aja, tanpa berenti dan keep moving, soalnya apa yang mereka tuju itu nilainya jauh lebih gede daripada tuh duit gocap, beda lagi ama yang agamis, walaupun bokek, ni orang sekalipun  ngambil tuh duit, biasanya disebar dan dicari tau siapa pemilik tuh duit.

Nah, yang gw heran sebenernya apa yang bikin persepsi kita itu beda? Mungkin sifat kita sedari lahir ama lingkungan yang bikin persepsi kita jadi beda juga, tapi apa emang mungkin gak ada hal lain lagi yang mengaruhin? Well… selalu ada aja kan anak kembar yang notabene digedein di lingkungan yang sama, tapi ujung-ujungnya kalo ditanya tentang suatu hal, jawabannya beda karena persepsinya pun udah beda.

Bukannya gw mau bilang kalo itu gak baik, karena gw sadar itu emang udah jadi bagian yang gak bisa kita rubah secara drastis gitu aja. Apa yang gw mau bilang itu kalo alangkah baiknya, alangkah indahnya kalo walaupun dari persepsi yang berbeda-beda itu, kita tetep bisa ngelatih sama mengedepankan rasa toleransi kita diatas segalanya, jadi gak ada yang namanya rusuh cuma gara-gara beda persepsi, at least bisa diminimalisirlah.

Emang gampang kalo cuma ngomong doang, terlebih dengan kapasitas gw yang cuma sebagai mahasiswa ini,  tapi seenggaknya dengan gw ngungkapinnya mungkin ada satu atau dua orang yang nge-aminin pendapat gw, yang mungkin bisa lebih vokal nyuarain hal ini, dan gw harap lu salah satu diantaranya🙂 .

About M.I.M

Man... he's wanna be the #1.

Leave a Reply

Hi.Story of My Life

Bahagia itu sederhana

Alyyanet's Blog

Only Read Unique Story

agamajinasi

mencoba terbang meski terikat

poetryblogofmine

A topnotch WordPress.com site

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

ISLAND IN THE SUN!

survival and catching dreams!

Alfira Fitrananda

to infinity and beyond

The notes of life :)

I have an idea about what I'm doing!

Viracanya's e-diary

Bontang. Groningen. Bandung. Jakarta. Den Haag.

KutuBacaBuku

aku adalah seekor kutu tanpa kacamata

ilma ilmi apriliani

The Twins Blog

Readers Cafe

Culture, Life, Languages, Travel and much more!

a creation by a jundullah

Ilmu yang Bermanfaat, Salah Satu Amal yang Tidak akan Pernah Terputus

