RSS Feed

Menengok Sejarah Perkembangan Kurikulum Indonesia

Posted on

Jika kita tengok sejarah pergantian kurikulum di Indonesia, maka di tahun ke-68 sejak Indonesia merdeka telah mengalami 9 kali pergantian kurikulum. Perkembangan yang dimaksud menurut penulis merupakan progress report sejauh mana kurikulum itu sendiri dijalankan dari masa ke masa. Penulis meninjau dari segi pergantian waktu sendiri memang dari awal memiliki kecenderungan waktu pelaksanaan yang berperiodik sampai akhirnya tahun 1997 mulai terjadi pergantian yang menurut penulis terindikasikan adanya perencanaan yang kurang matang jika menyoroti waktu pergantian yang relatif singkat. Terutama pada periode kurikulum KBK yang hanya terlaksana selama dua tahun yang kemudian digantikan oleh kurikulum KTSP. Memang benar bahwa tidak ada standar internasional yang menyatakan jangka waktu minimum berlakunya kurikulum di suatu negara, namun tidak bisa juga kita katakan bahwa hal tersebut merupakan hal yang wajar.

Penulis berpendapat bahwa justru dengan adanya pergantian yang terlalu singkat menyebabkan adanya tanggapan masyarakat yang kurang baik terhadap pemerintah, juga dari segi pembiayaan, pembaruan bahan ajar dan kompetensi tenaga pendidik juga terkesan terlalu dipaksa untuk memenuhi standar jika kurikulum diganti begitu saja. Hal tersebut dapat dimengerti karena kompetensi yang dituntut dan bahan ajar tentu akan berbeda dikarenakan tujuan dari kurikulum yang juga berbeda, yang akhirnya berujung pada bengkaknya pembiayaan.

Kurikulum sangat berkaitan erat dengan mutu pendidikan Indonesia, karena kurikulum sendiri merupakan rencana belajar yang menjadi kompas pendidikan di Indonesia, sehingga ketika mutu pendidikan itu rendah, maka salah satu faktor penting yang berpengaruh adalah kurikulum yang sedang dilaksanakan.  Salah satu indikator yang dapat dilihat adalah dari data survei yang diselenggarakan oleh lembaga/organisasi baik nasional ataupun internasional, berdasarkan survei dari World Competitive Year Book pada periode 1997-2007 menunjukkan bahwa dari 47 negara yang disurvai, pada tahun 1997 Indonesia berada pada urutan 39, pada tahun 1999, berada pada urutan 46. Tahun 2002, dari 49 negara yang disurvai, Indonesia berada pada urutan 47, dan pada 2007 dari 55 negara yang disurvai, Indonesia menempati posisi ke-53[1], selain itu mari kita tengok hasil survei yang dikemukakan oleh Balitbang (2003) bahwa dari 146.052 SD di Indonesia ternyata hanya delapan sekolah saja yang mendapat pengakuan dunia dalam kategori The Primary Years Program (PYP), dari 20.918 SMP di Indonesia ternyata juga hanya delapan sekolah yang mendapat pengakuan dunia dalam kategori The Middle Years Program (MYP) dan dari 8.036 SMA ternyata hanya tujuh sekolah yang mendapat pengakuan dunia dalam kategori The Diploma Program (DP)[2]. Data-data survei tersebut secara kasar mengindikasikan bahwa mutu pendidikan masih rendah yang berhubungan dengan perkembangan kurikulum ke arah lebih baik yang belum optimal. Jika mempertimbangkan aspek kecepatan progressnya, yang mana mungkin saja progress perkembangan kurikulum di Indonesia masih kalah cepat dengan negara-negara lain maka syah-syah saja, namun demikian hal tersbebut masih mengindikasikan kekurangan dari kurikulum Indonesia karena belum mampu bersaing secara global. Bukan berarti penulis bermaksud berburuk sangka, hanya mencoba realistis sehingga penulis berharap banyak pihak yang tidak hanya diam, melainkan ikut serta memajukan pendidikan Indonesia. Semoga tulisan penulis dapat mengilhami, atau setidaknya dapat berguna menjadi bacaan ringan pembaca.

Footnote
[1][2]Syamsuri, Istamar. (2010). Peningkatan Kompetensi Guru. Bogor, IPB.

About these ads

About M.I.M

Man... he's wanna be the #1.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Hi.Story of My Life

Bahagia itu sederhana

Alyyanet's Blog

Only Read Unique Story

agamajinasi

mencoba terbang meski terikat

poetryblogofmine

A topnotch WordPress.com site

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

ISLAND IN THE SUN!

survival and catching dreams!

Alfira Fitrananda

to infinity and beyond

The notes of life :)

I have an idea about what I'm doing!

Viracanya's e-diary

Bontang. Groningen. Bandung. Jakarta

KutuBacaBuku

aku adalah seekor kutu tanpa kacamata

ilma ilmi apriliani

The Twins Blog

Readers Cafe

Culture, Life, Languages, Travel and much more!

a creation by a jundullah

Ilmu yang Bermanfaat, Salah Satu Amal yang Tidak akan Pernah Terputus

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: