RSS Feed

Landasan Pengembangan Kurikulum

Posted on

Suatu pohon butuh akar agar bisa berdiri kokoh, bangunan butuh fondasi dan struktur yang baik agar mampu bertahan melawan tiupan angin dan cuaca buruk, manusia sendiri butuh landasan-landasan yang kuat berupa ilmu yang berguna, dasar iman yang benar dan juga sikap mental yang kuat agar bisa tumbuh menjadi manusia yang berguna. Demikian juga kurikulum, kurikulum sebagai sentral pendidikan harus mempunyai landasan yang baik untuk bisa mengembangkan kurikulum ke arah yang lebih lagi sehingga tercapailah tujuan dari pendidikan itu sendiri.

Nah, jadi sekarang sudah jelaskan arah pembicaraan dari artikel ini menuju kemana? Ya, artikel ini insyaAllah akan membahas landasan pengembangan kurikulum yang tentu saja ditulis berdasarkan segala keterbatasan pengetahuan saya yang tak luput dari kesalahan, saya hanya ingin berbagi pengetahuan agar apa yang saya dan pembaca ketahui bisa berkembang ke arah yang lebih luas lagi. Landasan pengembangan kurikulum sendiri menurut buku kurikulum dan pembelajaran yang ditulis oleh Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran adalah “suatu gagasan, suatu asumsi atau prinsip yang menjadi sandaran atau titik tolak dalam mengembangkan kurikulum”. Nah dari pengertian itu, ada kata-kata “sandaran” yang juga berarti topangan, acuan atau dasar. Lalu jika demikian, apa kaitannya dengan kurikulum? Apa saja yang menjadi sandaran dari kurikulum?

Sistem kurikulum itu terdiri atas empat komponen, yaitu komponen tujuan, isi/materi, proses pembelajaran, dan komponen evaluasi. Secara umum dapat disimpulkan bahwa landasan pokok dalam pengembangan kurikulum yang menopang keempat komponen sistem kurikulum tersebut adalah landasan filosofis, landasan psikologis, landasan sosiologis, dan landasan ilmu pengetahuan dan teknologi.

1. Landasan Filosofis

Filsafat berasal dari kata Yunani kuno, yaitu dari kata “Philos” dan “Sophia”. Philos, artinya cinta yang mendalam¸dan Sophia adalah kearifan atau kebijaksanaan. Tujuan pendidikan harus mengandung ketiga hal, yaitu autonomi yang berarti memberi pengetahuan, kesadaran dan kemampuan yang sama kepada setiap individu dan kelompok, equity yang berarti pendidikan dapat diikuti oleh setiap lapisan masyarakat dan survival yang berarti pendidikan bukan saja harus dapat menjamin terjadinya pewarisan dan memperkaya kebudayaan dari generasi ke generasi akan tetapi juga harus memberikan pemahaman akan saling ketergantungan antara manusia.

2. Landasan Psikologis

Nana Syaodih Sukmadinata (1997) mengemukakan bahwa minimal terdapat dua bidang psikologi yang mendasari pengembangan kurikulum yaitu (1) psikologi perkembangan dan (2) psikologi belajar. Psikologi perkembangan merupakan ilmu yang mempelajari tentang perilaku individu berkenaan dengan perkembangannya. Dalam psikologi perkembangan dikaji tentang hakekat perkembangan, pentahapan perkembangan, aspek-aspek perkembangan, tugas-tugas perkembangan individu, serta hal-hal lainnya yang berhubungan perkembangan individu, yang semuanya dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan mendasari pengembangan kurikulum.

3. Landasan Sosiologis

Tempat mengayom pendidikan atau sekolah, dibuat agar anak-anak bisa belajar dasar-dasar kehidupan, khususnya bagaimana cara mereka berhubungan dalam kehidupannya di masyarakat. Dalam landasan sosiologis, sekolah bukan hanya berfungsi untuk mewariskan kebudayaan dan nilai-nilai suatu masyarakat, akan tetapi juga sekolah berfumngsi untuk mempersiapkan anak didik falam kehidupan masyarakat.

4. Landasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)

Perkembangan dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, terutama dalam bidang transportasi dan komunikasi telah mampu merubah tatanan kehidupan manusia. Oleh karena itu, kurikulum seyogyanya dapat mengakomodir dan mengantisipasi laju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga peserta didik dapat mengimbangi dan sekaligus mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kemaslahatan dan kelangsungan hidup manusia.

Secara umum, keempat landasan diataslah yang harus diperhatikan benar-benar apakah sudah menjadi acuan dari tiap-tiap komponen pendidikan atau belum. Jika belum, sudah tentu perlu dilaksanakan sehingga bisa dilihat hasilnya yang insyaAllah seperti yang diharapkan, yakni pendidikan di negara kita tercinta, Indonesia bisa sejajar atau bahkan melampaui pendidikan di negara-negara lainnya.

Referensi :

Tim Dosen Pengembang Kurikulum dan Pembelajaran. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: FIP.

Muhtar, Zulkifli. (2011). Makalah Landasan Pengembangan Kurikulum. Online [Tersedia] : http://blogzulkifli.wordpress.com/2011/06/06/makalah-landasan-pengembangan-kurikulum/ [13 Februari 2012]

Sudrajat, Akhmad. (2008). Landasan Pengembangan Kurikulum. Online [Tersedia] : http:// http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/22/landasan-kurikulum/ [13 Februari 2012]

Rohman, Ainur. (2012). Landasan Pengembangan Kurikulum. Online [Tersedia] : hhttp:// http://inong46.blogspot.com/2012/04/landasan-pengembangan-kurikulum.html [13 Februari 2012]

About these ads

About M.I.M

Man... he's wanna be the #1.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Hi.Story of My Life

Bahagia itu sederhana

Alyyanet's Blog

Only Read Unique Story

agamajinasi

mencoba terbang meski terikat

poetryblogofmine

A topnotch WordPress.com site

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

ISLAND IN THE SUN!

survival and catching dreams!

Alfira Fitrananda

to infinity and beyond

The notes of life :)

I have an idea about what I'm doing!

Viracanya's e-diary

Bontang. Groningen. Bandung. Jakarta

KutuBacaBuku

aku adalah seekor kutu tanpa kacamata

ilma ilmi apriliani

The Twins Blog

Readers Cafe

Culture, Life, Languages, Travel and much more!

a creation by a jundullah

Ilmu yang Bermanfaat, Salah Satu Amal yang Tidak akan Pernah Terputus

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: